Seperti yang telah diketahui bersama, bahwa kita telah memasuki suatu era dimana hampir semua warga masyarakat di seluruh dunia telah mengikuti suatu perkembangan zaman akan kebutuhan dan ketergantungan pada sebuah sarana yang digunakan dalam kehidupan sosial maupun dalam mengembangkan suatu bisnis usaha di dalam masyarakat yang disebut dengan era internet. Dalam dunia pemasaran pun, internet sekarang ini juga telah menjadi suatu bagian penting, tidak terkecuali dalam pemasaran interaktif.
Namun tahukah kita bagaimana internet sendiri bekerja dalam menunjang kehidupan manusia? (tidak terkecuali dalam dunia pemasaran). Oleh karena itu, sebaiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa itu internet beserta bagian-bagian inti dari internet yang dapat menunjang kehidupan masyarakat.
Internet adalah sesuatu yang mengacu pada suatu jaringan yang menghubungkan komputer melintasi dunia. Internet terdiri dari infrastruktur pada network server dan menghubungkan komunikasi diantara mereka yang mengunakannya untuk memegang dan transport jumlah yang banyak dan luas dari informasi pada internet. Internet menyediakan transfer dari pesan dan transaksi diantara dikoneksikan komputer melalui worldwide. Kerangka kerja dari internet terdiri atas tiga tingkatan utama, seperti yang dikatakan Zwass (1998), yakni:
1.) infrastruktur, terdiri dari, hardware, software, databased, dan telekomunikasi
2.) services, terdiri dari, software based services yakni engines, digital money, security systems dan
3.) Product dan service seperti, web sites dari individual companies dan marketplaces
Dalam internet telah dikembangkan berbagai alat yang dapat menunjang dan membangun pemakainya dalam menemukan, mengirimkan, dan menerima informasi lintas internet.
Demikianlah beberapa hal yang dapat diketahui dalam sebuah medium internet dapat bekerja di kehidupan kita. Walaupun dengan segala kegunaannya, tetap saja cara kerja internet yang ada terkadang memiliki beberapa keterbatasan bagi penggunanya untuk memenuhi kepuasan dan keinginan mereka, yang mungkin dapat diperoleh dari medium-medium lain sebagai medium komunikasi.
Sedangkan instant messeging cara kerjanya adalah:
Instant messenger terdiri dari clients dan server. User menginstall sebuah client yang menghubungkan ke server yang dioperasikan oleh vendor jaringan IM, seperti AOL atau Yahoo Messenger. User yang mendaftar ke vendor IM diberikan ID yang unik,yang dapat berupa angka dan huruf. User lalu memberikan IDnya ke user lain yang ingin diajak untuk berkomunikasi melalui jaringan IM.
User memulai sebuah sesi IM dengan autentikasi ke server. Ketika dua user yang sudah melakukan authentikasi ingin berkomunikasi, rangkaian prosesnya adalah :
• Alice menginstruksikan IM client untuk mengirimkan pesan teks kepada Bill. Client membuat sebuah paket yang berisi pesan dan mengirimkannya ke server.
• Server menerima isi paketnya dan melihat bahwa si penerima adalah Bill. Server lalu membuat sebuah paket baru yang mengandung pesn dari Alice dan mengirimkannya ke Bill
Kebanyakan IM akan melanjutkan pengiriman pesan melalui server pusat. Penggunaan server pusat lebih menguntungkan jika dilihat dari berbagai sudut pandang. Contohnya, Alice hanya membutuhkan unique ID dari Bill, selain itu, dia dapat mengirimkan pesan kepada Bill meski dia tidak online. Server akan menyimpan pesan sampai Bill melakukan autentikasi.
Kebanyakan IM clients mempunyai kemampuan untuk membuat Buddy List, yaitu daftar unique ID teman-teman kita, sehingga akan mempermudah dalam berkomunikasi dengan mereka. Contohnya, ketika Bill mengirimkan Alice unique IDnya, Alice dapat menyimpannya dalam Buddy List. Sehingga, kapanpun Alice log in ke server IM, dia dapat melihat status dari Bill, apakah online atau tidak.
Kebanyakan IM clients mempunyai kemampuan untuk membuat Buddy List, yaitu daftar unique ID teman-teman kita, sehingga akan mempermudah dalam berkomunikasi dengan mereka. Contohnya, ketika Bill mengirimkan Alice unique IDnya, Alice dapat menyimpannya dalam Buddy List. Sehingga, kapanpun Alice log in ke server IM, dia dapat melihat status dari Bill, apakah online atau tidak.
0 komentar:
Posting Komentar